Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Digital pada Masa Pandemi Covid-19

  • 0
IMG-20201012-WA0014

Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Digital pada Masa Pandemi Covid-19

Category : Training

Cilacap, 10-11 Oktober 2020 – Pertamina bersama Santripreneur Indonesia telah berhasil menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dengan tajuk Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Digital pada Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Santripreneur Indonesia dalam Pemulihan Ekonomi Nasional yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat.
Kegiatan ini ditujukan kepada para anggota Santripreneur Indonesia di Kabupaten Cilacap yang sudah memiliki kegiatan wirausaha sebagai pelaku UMKM. UMKM merupakan unit usaha yang menjadi kekuatan terbesar dalam program pemulihan ekonomi nasional yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat. Oleh karenanya Santripreneur Indonesia memberikan perhatian besar terhadap anggota yang menggeluti UMKM khususnya di Kabupaten Cilacap.
Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Atrium Premier Cilacap tersebut diikuti oleh 30 peserta yang berdomisili di Kabupaten Cilacap. Keseluruhan peserta sudah memiliki produk UMKM dan dibawa dalam acara untuk dikenalkan kepada peserta yang lain.
Selama kegiatan berlangsung peserta akan mendapatkan materi pelatihan yang berguna dalam menghadapi pandemi covid-19. Para peserta mengeluhkan tentang cara pemasaran yang tepat di era seperti ini. Santripreneur Indonesia mendatangkan dua narasumber yang berkompeten dalam bidangnya yakni Tirtana Brachnata, S.E., M.M dan Dr. Ir. Sudjatmogo, M. Sc.
Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tamu Undangan yang sekaligus memberikan sambutan. Salah satu diantaranya adalah KH. Ahmad Sugeng Utomo atau yang sering dipanggil Gus Ut selaku Inisiator Santripreneur Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa santri harus berani terjun ke dunia bisnis, tidak hanya pintar mengaji namun juga harus menjadi umat yang kaya agar mampu berdakwah dan syiar islam.
Bapak Setyo Adi Pranowo selaku pemimpin BNI Cilacap mendukung Santripreneur Indonesia dalam pembuatan membercard Santripreneur Indonesia. Hal ini dirasa sangat penting mengingat anggota Santripreneur Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia.
Ibu Dian Kuswardani selaku CSR Pertamina RU IV Cilacap mengharapkan para peserta mengikuti acara ini sampai selesai dan memanfaatkan semaksimal mungkin narasumber yang ada sehingga ilmu yang didapatkan bisa diterapkan kedepannya. Pertamina akan mendukung pemberdayaan UMKM khususnya di kabupaten Cilacap.
Kepala Kemenag Kabupaten Cilacap, H.Imam Tobroni menambahkan bahwa santri dijaman sekarang harus mampu dan mau terjun di dunia bisnis. Santripreneur Indonesia menjadi wadah yang ideal bagi para santri di kabupaten Cilacap untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki.
Wakil Bupati Cilacap, Bapak Syamsul Auliya Rachman sangat menyambut baik kegiatan ini. Beliau berharap UMKM di kabupaten Cilacap bisa mendorong perkembangan ekonomi masyarakat. Bahkan beliau sudah membuat gerakan untuk mendorong UMKM di Cilacap yang diberi nama TekaniTukoni. Ini adalah bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam mendukung perkembangan UMKM di Cilacap.
Para peserta mengikuti acara ini dengan antusias dan semangat. Selain itu pelaksanaan kegiatan ini juga menerapkan protocol pencegahan penyebaran Covid-19 seperti jaga jarak duduk antar peserta, penggunaan masker dan faceshield serta handsanitizer.


Leave a Reply

Arsip

Kategori