LATAR BELAKANG
Santri merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang dicatat oleh sejarah sebagai pejuang kemerdekaan NKRI dan pengisi kemerdekaan yang berdedikasi. Tingginya semangat bisnis dan besarnya gelombang gerakan kewirausahaan di dunia santri secara massif nasional pada satu setengah dekade terakhir ini telah melahirkan generasi baru santri, yaitu santripreneur (manusia yang alim dalam agama, bermoral dalam perilaku, mapan dalam mentalitas, cakap dalam berbisnis, dan berdedikasi dalam karya). Telah banyak lahir karya-karya atau produk-produk bisnis dan kewirausahaan dari para santripreneur ini, yang tak sekedar bernilai kreatifitas dan inovasi, namun juga bernilai sosial dan keadaban.
Menyikapi fenomena tersebut, serta dalam rangka mendukung kebijakan-kebijakan dan program-program pemerintah Republik Indonesia dalam pembangunan ekonomi bangsa di tengah pusaran MEA (Masyarakat Ekonomi Asia), maka menjadi penting sekali untuk dirumuskan satu konsep besar tentang bagaimana agar semangat bisnis, gelombang gerakan kewirausahaan, dan karya/produk yang ada pada dunia santripreneur tersebut bisa berkembang lebih baik serta bisa mengalir jauh ke masyarakat Indonesia dan Internasional secara luas. Sehingga mereka bisa semakin sukses dalam keikutsertaannya membangun ekonomi negeri ini secara khusus, dan keadaban ekonomi internasional secara umum.
ISB Expo (International Santripreneur’s Business Expo) adalah sebuah perwujudan dari konsep besar yang dimaksudkan di atas. Program ini diinisiasi oleh PT. Rumah Entrepreneur Indonesia (REI), sebagai bentuk tanggung jawab, kepedulian, dan dedikasi pada masa depan bangsa dan negara Indonesia, khususnya dalam bidang perekonomian.
TUJUAN DAN MANFAAT
- Meningkatkan daya saing produk bisnis dan SDM dalam negeri dari kalangan santripreneur dalam tataran nasional dan internasional.
- Membuka informasi dan peluang baru bisnis antar santripreneur, dan antara santripreneur dengan para pelaku bisnis nasional dan internasional.
- Memicu dan mendorong terjadinya ekspor komoditas produk dalam negeri yang dikaryakan oleh para santripreneur di negara-negara yang tergabung dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asia).
- Mengukur dan menguji kelayakan go international dari produk bisnis para santripreneur di tengah potensi pasar nasional dan internasional berbasis MEA (Masyarakat Ekonomi Asia)